JALUR KERJASAMA 2025

A.    PERSYARATAN

  1. Siswa lulusan SMA/MA/SMK sederajat pada tahun ajaran 2023, 2024, dan
  2. Bagi siswa yang memiliki prestasi kejuaraan, dibuktikan dengan piagam atau sertifikat kejuaraan (opsional).
  3. Bagi yang memiliki keahlian/kemampuan luar biasa dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga atau pelatih. Contoh: Hafal Al-Qur’an 30 juz, kemampuan baca kitab kuning, penemuan teknologi tepat guna, dan lain-lain (opsional).
  4. Perjanjian Kerjasama (PKS) antara UIN Walisongo Semarang dengan SMA/MA/SMK atau sederajat.

B.    KELENGKAPAN DOKUMEN

  1. Dokumen Jalur Kerjasama

Calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur kerjasama harus mengunggah file berikut ke laman  https://admisi.walisongo.ac.id

  • Pas foto terakhir berwarna (latar belakang warna merah), format JPEG dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB;
  • Identitas diri (KTP/SIM);
  • Sertifikat prestasi asli (jika ada);
  • Rapor yang memuat nilai pengetahuan untuk mata pelajaran PAI/Fikih, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Rapor semester 1-6 asli (bagi lulusan 2023 dan 2024) dan rapor semester 1-5 (bagi lulusan 2025);
    2. Bagi lulusan dari sekolah/madrasah/pesantren yang menerapkan masa studi 4 tahun, maka nilai rapor yang diunggah adalah semester 1-8 (bagi lulusan 2023 dan 2024) dan rapor semester 1-7 (bagi lulusan 2025).
  • Perjanjian Kerjasama (PKS) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak antara UIN Walisongo Semarang dengan SMA/MA/SMK atau sederajat.

 

  1. Data Diri

Selain kelengkapan dokumen di atas, calon mahasiswa juga harus mengisi Data Diri secara online melalui laman https://admisi.walisongo.ac.id dan mengunggah file scan dokumen asli dari dokumen pendukung berikut:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  • Rekening Listrik
    1. Rekening listrik 3 bulan terakhir bagi pelanggan PLN Pascabayar, atau;
    2. Pernyataan pengeluaran biaya listrik bulanan bagi pelanggan PLN Prabayar (pulsa) yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir).
  • Penghasilan orang tua / Wali Mahasiswa
    1. Untuk orang tua/Wali Mahasiswa PNS/pekerja formal mengunggah slip gaji.
    2. Untuk orang tua/Wali Mahasiswa non PNS/non formal mengunggah surat keterangan penghasilan perbulan yang diketahui oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan serta berstempel resmi.
  • Pasfoto berwarna dengan background merah, format JPEG atau PNG dengan rasio 3 x 4 dan ukuran tidak lebih dari 500 kb.
  • Foto rumah tampak depan, tampak samping, kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga dan dapur.
  • Surat keterangan rata-rata pengeluaran belanja keluarga setiap bulan yang ditanda tangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir).
  • Surat pernyataan calon mahasiswa baru yang memuat kesediaan membayar UKT dan mengikuti program ma’had (pondok pesantren) bagi yang diterima.

Data diri pada laman https://admisi.walisongo.ac.id wajib diisi lengkap karena digunakan sebagai data pendukung penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), bagi calon mahasiswa yang tidak mengisi data diri dan tidak upload dokumen pendukung, maka akan mendapatkan UKT tertinggi.

C.    PILIHAN PROGRAM STUDI

  1. Setiap peserta dapat memilih 6 program studi dan urutan pilihan program studi menyatakan urutan minat.
  2. Setiap peserta dapat memilih program studi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, namun perlu mempertimbangkan nilai mata pelajaran pendukung yang sesuai dengan program studi yang dipilih.
  3. Program Studi yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
    • 1) Ilmu Falak
    • 2) Hukum Ekonomi Syariah ( Mua`malah)
    • 3) Hukum Pidana Islam (Jinayah)
    • 4) Studi Agama-Agama
    • 5) Aqidah dan Filsafat Islam
    • 6) Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (Tafsir Hadits)
    • 7) Tasawuf dan Psikoterapi
    • 8) Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    • 9) Pengembangan Masyarakat Islam
    • 10) Sosiologi
    • 11) Ilmu Politik
    • 12) Pendidikan Fisika
    • 13) Pendidikan Kimia
    • 14) Fisika
    • 15) Kimia

D.    JADWAL DAN ALUR KEGIATAN

1.    Jadwal Kegiatan

1.     Pendaftaran Online dan Upload Dokumen 10 Maret – 2 Mei 2025
2.     Proses Seleksi I (Verifikasi Berkas) 3 – 5 Mei 2025
3.     Pengumuman Seleksi Tahap I 16 Mei 2025
4.     Proses Seleksi II 2 – 13 Juni 2025
5.     Pengumuman Seleksi Tahap II dan UKT 1 Juli 2025
6.     Pembayaran UKT 2 – 14 Juli 2025
7.     Tes Kesehatan Waktu diberitahukan kemudian
8.     Foto KTM Waktu diberitahukan kemudian 

2.     Alur Pendaftaran

  1. Pendaftar mengakses laman https://admisi.walisongo.ac.id untuk membuat akun pendaftaran.
  2. Pendaftar membaca Petunjuk Pengisian Data sebelum melakukan pendaftaran online.
  3. Untuk Registrasi pilih menu Registrasi PMB
  4. Lalu pilih Jalur Seleksi Kerjasama kemudian pilih menu Registrasi
  5. Melakukan pengisian data diri secara lengkap yang terdiri dari pilihan prodi, biodata, data keluarga, data pendidikan, data raport, dan dokumen pendukung.
  6. Setelah dokumen lengkap silahkan lakukan
  7. Pendaftar mengikuti seleksi di UIN Walisongo pada tanggal yang telah ditetapkan.

E.     BIAYA PENDAFTARAN

Peserta yang  daftar melalui jalur kerjasama tidak di pungut biaya apapun.

F.     KETENTUAN UKT

  1. Siswa dari MAN PK yang melakukan pendaftaran melalui jalur kerjasama jika lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa bebas UKT sampai dengan semester 8, jika sampai semester 8 belum lulus maka akan kembali ke UKT normal dan bayar UKT secara mandiri.
  2. Siswa dari sekolah/madrasah selain MAN PK yang melakukan kerjasama dengan UIN Walisongo dan melakukan pendaftaran melalui jalur kerjasama, jika lolos seleksi akan mendapatkan UKT setinggi-tingginya golongan 3.

G.    Layanan Call Center

  1. Whatsapp: 0851-7437-0900
  2. Email : [email protected] / [email protected]
  3. Waktu layanan : 08.00 WIB s.d 16.00 WIB