Jl. Walisongo No. 3-5 Tambakaji Ngalian Semarang 50185 Telp. 024-7604554 (pada jam kerja)

SELEKSI JALUR MANDIRI 2022

A. KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
1. Ketentuan Umum
Ujian Jalur Mandiri Masuk UIN Walisongo Semarang tahun akademik 2022/2023
adalah seleksi masuk UIN Walisongo Semarang yang diselenggarakan oleh UIN
Walisongo Semarang berdasarkan tes tertulis tanpa melihat tahun kelulusan
dan usia calon mahasiswa.

2. Persyaratan Calon Mahasiswa
a. Lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Satuan Pendidikan
Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya, Kelompok Belajar Paket C atau
yang setara sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
b. Memiliki ijasah SMA/MA/SMK/MAK/Satuan Pendidikan Mu’adalah/
Pendidikan Diniyah Formal Ulya, Kelompok Belajar Paket C atau yang setara
atau sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan Lulus dari kepala
sekolah/madrasah/pesantren yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang
bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah/pesantren.

B. KELOMPOK DAN JUMLAH PILIHAN
Kelompok Ujian Jalur Mandiri terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
1. Kelompok IPA (Saintek)
2. Kelompok IPS (Soshum)
3. Kelompok IPC (Campuran Saintek dan Soshum)
Sedangkan rincian masing-masing program studi adalah sebagai berikut :

PROGRAM STUDI

KELOMPOK

Fakultas Syari’ah dan Hukum

 

1.      Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyyah)

IPS

2.      Hukum Pidana Islam (Jinayah)

IPS

3.      Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah)

IPS

4.      Ilmu Falak

IPS

5.      Ilmu Hukum

IPS

   

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora

 

1.      Aqidah dan Filsafat Islam

IPS

2.      Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

IPS

3.      Studi Agama Agama

IPS

4.      Tasawuf dan Psikoterapi

IPS

5.      Ilmu Seni dan Arsitektur Islam

IPS

   

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

 

1.      Pendidikan Agama Islam

IPS

2.      Pendidikan Bahasa Arab

IPS

3.      Manajemen Pendidikan Islam

IPS

4.      Pendidikan Bahasa Inggris

IPS

5.      PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)

IPS

6.      PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)

IPS

   

 Fakultas Dakwah dan Komunikasi

 

1.      Bimbingan dan Penyuluhan Islam

IPS

2.      Komunikasi dan Penyiaran Islam

IPS

3.      Manajemen Dakwah

IPS

4.
Pengembangan Masyarakat Islam

IPS

5.      Manajemen Haji dan Umrah

IPS

   

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

 

1.      Ekonomi Syari’ah

IPS

2.      Perbankan Syari’ah (S1)

IPS

3.      Akuntansi Syari’ah

IPS

4.      Manajemen

IPS

   

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 

1.     Sosiologi

IPS

2.      Ilmu Politik

IPS

   

Fakultas Psikologi dan Kesehatan

 

1.      Psikologi

IPS

2.      Gizi

IPA/IPC

   

Fakultas Sains dan Teknologi

 

1.       Pendidikan Matematika

IPA

2.       Pendidikan Fisika

IPA

3.       Pendidikan Kimia

IPA

4.       Pendidikan Biologi

IPA

5.       Matematika

IPA

6.       Fisika

IPA

7.       Kimia

IPA

8.       Biologi

IPA

9.       Teknologi Informasi

IPA

10.     Teknik Lingkungan

IPA/IPC

JUMLAH PILIHAN

1. Calon peserta wajib memilih 4 program studi.
2. Urutan pilihan fakultas/program studi menyatakan urutan minat.

C. JADWAL KEGIATAN

      untuk jadwal PMB jalur mandiri :

D. BIAYA UJIAN JALUR MANDIRI
1. Berdasar Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 162/PMK.05/2018 tentang
    Tarif Layanan Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Walisongo
   Semarang Pada Kementerian Agama, biaya Ujian Jalur Mandiri sebesar
Rp.  200.000,- (Dua ratus ribu rupiah).
2. Biaya Ujian Jalur Mandiri dibayarkan melalui salah satu Bank yang ditunjuk,
   yaitu:
   a. BTN (Bank Tabungan Negara)
   b. BTN Syariah
   c. Bank Jateng Syari’ah
   d. Bank BSI
   e. Bank Mandiri
3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun

E.     ALUR PENDAFTARAN

1.      Pendaftar  mengakses http://jalurmandiri.walisongo.ac.id

2.      Pendaftar membaca Petunjuk Pengisian Data sebelum melakukan pendaftaran online.

3.      Pendaftar melakukan Input Data secara online untuk memperoleh PIN PEMBAYARAN.

4.    Pendaftar melakukan pembayaran pendaftaran di Bank BTN, Bank Jateng Syari’ah, Bank BSI  dan Bank Mandiri dengan menunjukkan PIN PEMBAYARAN

5. Pendaftar Login ke http://datadiri.walisongo.ac.id untuk melengkapi pengisian data dan mencetak kartu ujian.  

6. Pendaftar mengikuti ujian tulis berbasis komputer (computer based test) di UIN
Walisongo pada tanggal yang telah ditetapkan.

F. TATA CARA PENDAFTARAN
   1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuka website http://jalurmandiri.walisongo.ac.id
   2. Calon peserta wajib memilih 4 program studi.
   3. Calon peserta memilih kelompok IPA, IPS atau IPC dengan ketentuan sebagai
        berikut:
       a. Kelompok IPC dipilih jika salah satu program studi yang dipilih merupakan
           kelompok IPA dan IPS.
       b. Kelompok ujian IPA dipilih jika seluruh program studi yang dipilih
           merupakan kelompok IPA.

       c. Kelompok ujian IPS dipilih jika seluruh program studi yang dipilih
           merupakan kelompok IPS.

       d. Urutan pilihan fakultas/program studi menyatakan urutan minat.
       e. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online sesuai dengan petunjuk
           yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam formulir ini harus
           benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian formulir ini berakibat
           pembatalan penerimaan peserta.
       f. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file kartu tanda peserta ujian.
      g. Kartu tanda peserta ujian dapat diunduh dan dicetak bila isian formulir
         pendaftaran sudah lengkap.
      h. Pada kartu tanda peserta ujian tercantum Nomor Pendaftaran, Nama Peserta,
         Program Studi yang dipilih, Ruang Ujian, dan Jadwal Ujian.

      i. Dokumen yang harus di upload sebagai berikut:
         Calon mahasiswa mengisi Data Diri secara online melalui laman
          http://datadiri.walisongo.ac.id dan mengupload file scan dokumen asli dari dokumen pendukung berikut:
         1). Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Satuan Pendidikan
              Mu’adalah dan dilengkapi dengan pas foto terbaru serta dibubuhi stempel
              MA/MAK/SMA/SMK/Satuan Pendidikan Mu’adalah (bagi lulusan tahun 2022).
        2). Ijazah asli (bagi lulusan 2021 dan sebelumnya)
        3). Kartu Keluarga
        4). Rekening Listrik
             a) Rekening listrik 3 bulan terakhir bagi pelanggan PLN Pascabayar.
             b) Surat pernyataan pengeluaran biaya listrik bulanan bagi pelanggan PLN
                 Prabayar (pulsa) yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir).
             c) Surat Keterangan bantuan listrik gratis bagi penerima bantuan listrik
                 gratis dari pemerintah yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Kepala
                 Kelurahan serta berstempel resmi.
        5). Penghasilan orang tua / Wali Mahasiswa
             a) Untuk orang tua/Wali Mahasiswa PNS/ pekerja formal mengunggah slip gaji ;
             b) Untuk orang tua/Wali Mahasiswa non PNS/non formal mengupload
                 surat keterangan penghasilan perbulan yang diketahui oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan serta berstempel resmi.
         6). Pasfoto berwarna dengan background merah, format JPEG, dan ukuran
               maksimal 1 MB.
         7). Foto rumah tampak depan, tampak samping, kamar mandi, kamar tidur,
              ruang keluarga dan dapur.

        8). Surat keterangan rata-rata pengeluaran belanja keluarga setiap bulan yang
             ditanda tangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir).
        9). Kartu JKN-KIS Aktif (dapat berupa BPJS Kesehatan, Jamkesmas, ASKES). Bagi
              yang belum memiliki dipersilahkan mengurus kepesertaan JKN di daerah
              masing-masing dan mengisi surat pernyataan kesediaan mengurus
              kepesertaan JKN-KIS (Form terlampir).
      10). KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah). Bagi yang tidak memiliki KIP-K silahkan
              mengisi nomor KIP-K dengan angka “0”.

            Data diri wajib diisi lengkap karena digunakan sebagai data pendukung
            penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), bagi calon mahasiswa yang tidak
            mengisi data diri dan tidak upload dokumen pendukung, maka akan
            mendapatkan UKT tertinggi dan harus mengisi surat pernyataan kesediaan
            menerima UKT tertinggi bermaterai (Form terlampir)

G. Helpdesk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) :

    0812-2747-3137